Minggu, 17 November 2013

Teman Baik Bisa Gagalkan Diet

Tahukah Anda, sebenarnya bukan makanan yang jadi godaan terbesar Anda, tapi teman-teman Anda sendiri. Mereka bahkan bisa membuat tubuh Anda makin gemuk.

Anda sedang mengangguk saat membaca judul artikel ini? Tampaknya penelitian yang dilakukan oleh University of Illinois memang terjadi dalam kehidupan kita, terlebih saat Anda sedang diet. Dalam penelitian itu ditemukan bahwa seseorang berpotensi mengonsumsi makanan enak tinggi kalori, jika teman-temannya juga mengonsumsi makanan yang sama.

Ketika ada kelompok orang makan di luar, mereka cenderung memesan makanan dengan kategori yang sama, sehingga memberi tekanan pada teman mereka yang sedang diet atau menjaga makanan, demikian hasil penelitian .Namun tetap saja, walau tekanan itu ada, seseorang akan menikmati makanan yang dia pesan.

"Jika teman-teman saya memesan makanan yang lebih tinggi kalori dan menghabiskan banyak uang, maka saya juga akan memesan makanan tinggi kalori dan menghabiskan lebih banyak uang," ujar Dr Brenna Ellison, seorang Food economist. Sehingga tidak heran, banyak orang gagal diet atau mengalami kenaikan berat badan karena teman-teman mereka sendiri.

Lalu bagaimana caranya agar tubuh tidak semakin gemuk dan diet lebih berhasil? Semua kontrol ada pada Anda, Anda bisa menolak atau bilang tidak jika teman-teman menawarkan banyak makanan tinggi kalori atau makanan tidak sehat.

"Mengingat temuan ini, saya pikir akan lebih baik mendorong orang-orang untuk memiliki teman-teman yang sehat ketimbang hanya fokus pada makanan sehat," ujar Dr Brenna memberikan saran yang lebih ekstrim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar